RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH )
MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN KEGIATAN
PENGAMAN
Kelompok
/ Usia : B /
Usia 5-6 tahun
Semester
/ Minggu : 1 / 1
Tema
/ Sub Tema : Diri Sendiri / Identitas
Sub-sub
tema : Nama
Hari
/ Tanggal : Senin / 22
Juli 2019
Kompetensi Dasar ( KD ) :
1.1,
2.1, 3.1 – 4.1, 3.3 –
4.3, 3.6
– 4.6, 3.11 – 4.11, 3.15
– 4.15
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan
Nya
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup
sehat
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari – hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari – hari dengan tuntunan orang dewasa
3.3 Mengenal anggota
tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan
motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
3.6 Mengenal benda – benda di sekitarnya ( nama, warna,
bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri – ciri lainnya )
4.6 Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda – benda di sekitarnya
( nama , warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri –
ciri lainnya ) melalui berbagai hasil
karya.
3.11 Memahami bahasa ekspresif ( mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non
verbal )
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (
mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal )
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
Indikator Pencapaian Pembelajaran :
1. Mengetahui
sifat Allah sebagai Pencipta ( 1.1 )
2.
Memiliki
perilaku hidup sehat (2.1)
3. Mengucapkan
doa – doa pendek, melakukan
kegiatan ibadah sesuai dengan agamanya
(Misal : doa sebelum memulai dan selesai kegiatan ). (3.1 – 4.1)
4. Melakukan
berbagai gerakan terkoordinasi secara terkontrol, seimbang dan lincah (3.3 - 4.3 ).
5. Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
dalam berbagai aktivitas (Misal : mengancingkan baju, menali sepatu,
menggambar, menempel, menggunting, makan ).
(
3.3 – 4.3)
6. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan menghubungkan
nama benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai
aktivitas ( Misal : menjodohkan, menjiplak, meniru ). (3.6 – 4.6 )
7. Mengungkapkan
keinginan, perasaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi
dengan anak atau orang dewasa ( 3.11 – 4.11)
8. Menampilkan karya seni sederhana di depan anak atau
orang lain ( 3.15-4.15).
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Anak dapat menyebutkan sifat
Allah sebagai Al-Khaliq dengan benar.
2.
Anak dapat
menjaga kebersihan kuku dengan baik
3.
Anak dapat mengucapkan doa sebelum dan
sesudah belajar dengan benar
4.
Anak dapat berjalan
jinjit dengan baik dan benar.
5.
Anak dapat menjiplak
‘telapak tangan dengan baik dan benar.
6.
Anak dapat menarik
garis dengan angka dan gambar orang dengan benar
7.
Anak dapat menyebutkan
nama lengkap, nama panggilan, dan nama anggota keluarga dengan benar.
8.
Anak dapat mewarnai
gambar ‘telapak tangan’ dengan baik dan benar.
Media / Sumber belajar :
►
Laptop yang berisi slide gambar anak memakai seragam dengan nama diri,
Proyektor.
► Krayon, kertas HVS, spidol.
Langkah Kegiatan
:
I.
KEGIATAN
PEMBUKAAN
·
Jurnal Pagi ( IQRO )
·
Berbaris, ikrar (
syahadat ), berdo’a dan salam
·
Berjalan jinjit masuk
kelas
·
Melafalkan surat
Al-Fatihah
·
Melafalkan Hadits
’Mengucap Salam’
·
Bercakap-cakap tentang nama
lengkap, nama panggilan, nama anggota keluarga.
Nama
Lengkap Nama Panggilan Nama Anggota Keluarga
Identitas
|
● Mengamati langsung tulisan nama diri sendiri
- Anak mengamati
langsung tulisan nama diri sendiri.
- Guru mendorong
anak untuk mau bertanya apa yang ingin anak-anak ketahui dari apa yang dilihat
dari tulisan nama teman temannya.
- Anak mulai mengajukan
beberapa pertanyaan, misalnya :
Siapa
nama lengkapmu?
Siapa nama panggilanmu?
Siapa
nama anggota keluargamu?
Guru memperlihatkan tulisan nama lengkap
masing-masing anak, krayon,
kertas
HVS, spidol
- Guru mulai menjelaskan kegiatan anak yang sesuai dengan yang diamati
dan dilihatnya
·
Menjiplak
Telapak Tangan
-
Anak mengambil
kertas HVS.
-
Anak menjiplak
telapak tangan dengan spidol.
·
Memasangkan gambar orang dengan
angka 1 - 10
-
Anak mengambil lembar
kerja
-
Anak memasangkan
gambar orang dengan angka
·
Mewarnai
gambar Telapak Tangan
-
Guru
mencontohkan cara mewarnai gambar
-
Anak mulai mewarnai
gambar “telapak tangan”
Kegiatan
Pengaman
Bermain
Balok
|
III Istirahat, makan, bermain
Standar Operasional Prosedur
(SOP) Istirahat, Makan dan bermain terlampir
IV PENUTUP
●
Menyanyi lagu ‘Aku”
●
Diskusi kegiatan hari ini
● Bernyanyi,
berdoa dan salam
Jakarta, 22 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala RA Asysyarifah Guru
Kelas
Riyu Syarifah,
S.Pd.I Fitriana, S.Pd
Bagi yang berminat silahkan download file dokumennya disini semoga bermanfaat!
Salam semangat bagi guru RA/TK/PAUD
0 komentar:
Posting Komentar